Music If You Want
Makalah
ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata
pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI
Anggota
Kelompok :
1. Alfonsus
Enrico / 01
2. Fanesha Adolphine S. /
10
3. Inlian
Wijaya / 15
4. Lionardo
Cardien /22
SMA
Santa Maria Surabaya
Jl. Raya Darmo 49 Surabaya
Tahun
ajaran 2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya
makalah Ujian Praktek gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan
Mulok KWU. Makalah ini kami susun bersama dengan tugas yang berbeda-beda.
Penyelesaian makalah ini pun memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama
kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak
Ruslan, M.Kom,
sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowchart program
yang dilampirkan,
2. Bapak
drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. sebagai
guru Mulok KWU yang
telah membimbing kami dalam pembuatan proyek maket
Music If You Want,
3. Ibu Christina
Sumarwatini S.Pd. sebagai guru Bahasa Indonesia telah membimbing
penulisan makalah Ujian Praktik ini.
Kami mohon maaf
sebesar-besarnya apabila ada salah kata dalam makalah ini. Kami menyadari makalah
ini masih jauh dari sempurna, sehingga masukan yang membangun dari pembaca dan pembina
sangat kami perlukan. Kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi
pembaca.
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap orang pasti pernah mengalami bosan. Saat berlama-lama di rumah,
tentu akan sangat membosankan jika tidak ada hal yang ingin dilakukan.
Berpergian bersama teman ke mall atau tempat lainnya, pasti akan menghabiskan
banyak uang. Padahal, masih banyak kebutuhan lain yang memiliki prioritas lebih
tinggi. Dari rasa bosan itu, tentu akan berkembang menjadi stress juka tidak
terpenuhi.
Setiap
orang menginginkan sesuatu yang praktis dan tidak menghabiskan banyak dana. Seharusnya
tempat tinggal mereka dapat menjadi solusi untuk mengatasi rasa bosan. Tidak hanya
di tempat umum, di rumah pun seharusnya bisa berfungsi sebagai tempat hiburan.
Dengan demikian, setiap orang dapat mengatasi rasa bosannya tanpa menyulitkan
keuangan.
Berdasarkan
kenyataan dan harapan di atas penulis mencoba merancang proyek pembuatan
ruangan yang menyerupai ruang karaoke yang bernama “Music If You Want”. Dalam ruangan ini terdapat sensor. Jika kita
meletakkan tangan kita diatasnya, music dan lampu warna-warni akan otomatis
menyala. Tanpa harus ke tempat karaoke, kita bisa menciptakan suasana seperti
di tempat karaoke.
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang sebuah garasi agar menjadi tidak membosankan dan tentunya juga tidak merepotkan?”
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk garasi tersebut berupa maket?
2. Bagaimana merancang perabotan terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian perabotan dengan sistem komputer?
C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk maket Music If You Want.
2. Manfaat: Garasi berupa maket dapat dimanfaatkan sarana hiburan bagi masyarakat, dan memanfaatkan teknologi untuk mencapai tingkat terefisiensi.
Rumusan masalah secara umum adalah:
"Bagaimana merancang sebuah garasi agar menjadi tidak membosankan dan tentunya juga tidak merepotkan?”
Rumusan umum di atas diuraikan menjadi beberapa masalah secara khusus:
1. Bagaimana bentuk garasi tersebut berupa maket?
2. Bagaimana merancang perabotan terutama kelistrikkanya?
3. Bagaimana sistem pengendalian perabotan dengan sistem komputer?
C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan: Membangun bentuk maket Music If You Want.
2. Manfaat: Garasi berupa maket dapat dimanfaatkan sarana hiburan bagi masyarakat, dan memanfaatkan teknologi untuk mencapai tingkat terefisiensi.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. LED
Light Emitting Diode atau
sering disingkat dengan LED adalah komponen elektronika yang dapat
memancarkan cahaya monokromatik ketika
diberikan tegangan maju. LED merupakan keluarga Dioda yang terbuat dari bahan
semikonduktor. Warna-warna Cahaya yang dipancarkan oleh LED tergantung pada
jenis bahan semikonduktor yang dipergunakannya. LED juga dapat memancarkan
sinar inframerah yang tidak tampak oleh mata seperti yang sering kita jumpai
pada Remote Control TV ataupun Remote Control perangkat elektronik lainnya. ( Teknik Elektronik, 2017 )
Lampu LED atau
kepanjangannya Light Emitting Diode adalah suatu lampu indikator dalam
perangkat elektronika yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status
dari perangkat elektronika tersebut. ( Supriyadi,
2011 )
Light Emitting Diode atau
lebih dikenal dengan nama Lampu LED adalah lampu indikator yang terpasang
diperangkat elektronik yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status
dari perangkat elektronik. Misalnya pada sebuah laptop atau perangkat komputer
pasti anda temui lampu LED power dan LED indikator, atau dalam monitor terdapat
juga lampu LED power dan power saving dan masih banyak lagi. (
Miftah, 2014 )
B.
SPEAKER
Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi
mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di
sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik
seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya. ( Chaterine, 2015 )
Loudspeaker atau lebih sering disingkat dengan Speaker
adalah Transduser yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi Frekuensi Audio
(sinyal suara) yang dapat didengar oleh telinga manusia dengan cara mengetarkan
komponen membran pada Speaker tersebut sehingga terjadilah gelombang suara. ( Dickson, 2014 )
Speaker
komputer adalah perangkat output pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan
hasil proses dari CPU berupa suara atau audio. Speaker akan mengeluarkan suara
yang diputar dalam komputer, baik dari musik player maupun suara video. Speaker
komputer memiliki bentuk yang sangat beragam, ada yang memiliki ukuran yang
kecil, sedang maupun speaker dengan ukuran yang besar. Kekuatan dalam
mengeluarkan suarapun tentunya juga berbeda-beda tergantung dari besarnya
tegangan yang digunakan. ( MJ, 2015 )
C.
Microcontroller
Mikrokontroler
adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan
umunya dapat menyimpan program, dan terdiri dari CPU (Central Processing Unit),
memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter
(ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. (
Yuvan Farid, 2016 )
Mikrokontroler
adalah suatu chip berupa IC (Integrated Circuit) yang dapat menerima sinyal
input, mengolahnya dan memberikan sinyal output sesuai dengan program yang
diisikan ke dalamnya. Sinyal input mikrokontroler berasal dari sensor yang
merupakan informasi dari lingkungan sedangkan sinyal output ditujukan kepada
aktuator yang dapat memberikan efek ke lingkungan. Jadi secara sederhana
mikrokontroler dapat diibaratkan sebagai otak dari suatu perangkat/produk yang
mempu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. ( Sukses, 2014 )
Mikrokontroler
adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya
terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program,
atau keduanya), dan perlengkapan input output. Dengan kata lain, mikrokontroler
adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta
kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara
kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. ( Marwanramdhany, 2012)
D.
Kerangka
Konsep Berpikir
BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
A.
Garasi
Garasi masih berupa maket yaitu model terdiri dari sebuah
ruangan 1 lantai yang berfungsi sebagai garasi sederhana yang memiliki alat –
alat kelengkapan seperti garasi pada umumnya dengan tambahan lampu led dan
speaker yang nantinya akan menyala apabila pintu garasi terbuka.
B.
Alat dan Bahan
1.
Solder dan Timah
2.
Karton dan Triplek
3.
Arduino, LED, kabel, speaker, dan sensor gerakan
4.
Lem, gunting, dan cutter
5.
Stik es krim
6.
Cat dan alat warna
C.
Maket
D.
Cara Kerja Proyek
Ketika penghuni rumah berjalan mendekati pintu garasi,
maka sensor gerakan akan mendeteksi keberadaan penghuni dan melalui program
yang telah diatur, pintu garasi akan terbuka. Setelah itu led di dalam garasi
akan menyala – nyala diikuti oleh speaker yang mengeluarkan suara. Ketika
penghuni meninggalkan garasi, sensor akan mendeteksinya lagi lalu kemudian led
dan speaker akan mati kemudian pintu garasi menutup kembali.
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK
A.
Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket garasi dirancang dengan ukuran
kecil :
Luas Area :
600cm2
Luas Bangunan :
12.000cm3
Perbandingan Maket dengan Bangunan sesungguhnya : 1 : 1000
Panjang Bangunan :
30cm
Lebar Bangunan :
20cm
Tinggi Bangunan :
20cm
Spesifikasi Bahan :
Alas Triplek :
50x50cm tebal 2cm
Bahan dinding :
Karton tebal 2mm
Lem kayu dan lem cair
Spesifikasi Alat Listrik :
Mikrokontroller Tipe Atmega 328
Lampu LED, ¼ watt, 2 volt
Resistor Gip ½ watt 220 Ohm
Kabel ukuran kecil serabut
Timah
Sensor gerakan
Motor servo
Speaker kecil
B.
Kinerja Proyek
1.Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah memberikan simulasi dari
pemanfaatan teknologi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dari proyek ini dapat
dilihat potensi – potensi yang dapat berguna bagi masa depan terutama dalam
bidang programming untuk membantu aktivitas manusia. Maket bekerja secara
otomatis dengan penggunaan sensor untuk mengetahui keberadaan pengguna sehingga
dengan otomatis pintu akan terbuka dan led serta speaker dalam garasi akan
menyala. Hal ini menjadi suatu hal yang efisien tidak harus merepotkan
pengguna.
2.Kekurangan Proyek
Kekurangan proyek ini adalah bahan yang digunakan tidak
bisa memberikan hasil yang maksimal karena keterbatasan sumber daya. Maket juga
dibuat dengan skala yang kecil sehingga detail dari bangunan tidak bisa
terpenuhi 100%.
C.
Flowchart Program
D.
Lampiran Program Arduino
BAB V
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian Bab I
sampai Bab IV dapat disimpulkan bahwa Garasi Music If You Want dapat membantu aktivitas manusia dengan
meningkatkan efisiensi sehingga tidak membuang waktu dan tenaga. Sistem dari
garasi juga dibentuk agar menghemat penggunaan listrik sehingga tidak akan
membuang – buang listrik saat sedang tidak digunakan.
Kesan
Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat
membangun rasa kebersamaan dan pertemanan yang lebih akrab sehingga antara satu
sama lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi akan perbedaan dari
masing – masing individu.
Saran
Ke depan sistem ujian praktek ini dapat ditingkatkan
dengan penggunaan bahan yang lebih bagus serta bisa menambahkan nilai dari mata
pelajaran lain sehingga nilai mata pelajaran bertambah juga menambah informasi
bagi guru mata pelajaran lain.
DAFTAR PUSTAKA
http://teknikelektronika.com/fungsi-pengertian-speaker-prinsip-kerja-speaker/
( diakses pada tanggal 2 November 2017 )
https://sites.google.com/site/informasiterbarusekali/pengertian-mikrokontroller
( diakses pada tanggal 2 November 2017 )
( diakses pada tanggal 2
November 2017 )
( diakses pada tanggal 2
November 2017 )
( diakses pada tanggal 2
November 2017 )
( diakses pada tanggal 2
November 2017 )
http://www.teorikomputer.com/2015/08/pengertian-dan-fungsi-speaker-komputer.html
( diakses pada tanggal 2 November 2017 )
( diakses pada tanggal 2
November 2017 )
http://mikrokontroler-indonesia.blogspot.co.id/2014/01/pengertian-mikrokontroler.html
( diakses pada tanggal 2 November 2017 )
http://blog.kangmiftah.com/2014/03/apakah-lampu-led-dan-apa-fungsinya.html
( diakses pada tanggal 2 November 2017 )
http://iketutsamudratik.blogspot.co.id/
( diakses pada tanggal 3 Desember 2017 )
Bagus, nilai 90
BalasHapusBagus, nilai 90
BalasHapus